Cara Mengurangi Beban Memori RAM HP Android Yang Penuh

Posted on

Cara Mengurangi Beban Memori RAM HP Android Yang Penuh | downloadilmu.com – Perlu anda ketahui bahwa jika anda membuka banyak aplikasi seperti Facebook, Whatapp, Instagram dan aplikasi lainnya akan membutuhkan banyak memori. Jika aplikasi tersebut berjalan secara bersama-sama maka jangan heran maka RAM pada android anda akan penuh. Hal tersebutlah yang membuat android terkadang suka lambat. Apalagi ditambah dengan RAM pada android anda yang hanya 512MB tentu beban kerja dari RAM anda semakin berat.

Selain itu jika anda suka bermain game, maka game sekarang ini banyak membutuhkan RAM yang banyak agar bisa berjalan lancar saat anda bermain.Terlebih lagi jika anda menginstall banyak game, tentu anda harus lebih membutuhkan RAM yang memadai. Maka sebelum anda menginstall game pada android anda, maka pastikan terlebih dahulu RAM anda miliki apakan support dengan game yang anda ingin mainkan. Karena tidak semua game dapat berjalan dengan lancar jika dimainkan. Untuk itu anda perlu tahu bagaimana cara agar beban RAM pada android anda bisa lebih di maksimalkan. Untuk mengetahui caranya mari simal ulasan berikut ini.

Cara Mengurangi Beban Memori RAM HP Android Yang Penuh

Cara Mengurangi Beban Memori RAM HP Android Yang Penuh

1. Hentikan Aplikasi Secara Paksa

Baca dulu:

Ada baiknya aplikasi yang anda gunakan dihentikan secara paksa, karena semakin banyak aplikasi yang jarang digunakan akan membuat RAM cepat penuh. Selain itu aplikasi yang berjalan di background atau di belakang layar sebaiknya anda close atau hentikan secara paksa. Jika anda ingin menghentikan aplikasi secara paksa maka anda bisa ikuti langkah berikut.

  • Buka menu pengaturan > setelan tambahan > manajemen aplikasi > cari aplikasi yang ingin anda hentikan paksa > klik paksa berhenti > hapus data.

2. Pindahkan Aplikasi dari Internal Card ke Eksternal Card

Untuk cara yang ini, sebenarnya tidak berkaitan dengan penuhnya memori pada RAM, akan tetapi metode ini bisa anda gunakan sebagai alternatif agar memori internal anda tetap hemat ataupun tidak penuh. Dengan banyaknya space memori internal yang lebih besar akan memaksimalkan kinerja RAM. Untuk memindahkan aplikasi anda ke eksternal card ada baiknya anda ikuti langkah berikut.

  • Buka menu pengaturan > aplikasi > unduhan > cari nama aplikasi yang ingin anda pindahkan ke eksternal card > pindahkan ke kartu SD.

3. Hapus atau Nonaktifkan Aplikasi yang Jarang Anda Gunakan

Jika RAM anda ingin tetap dalam keadaan normal, ada baiknya anda hapus atau nonaktfkan aplikasi bawaan smartphone anda yang jarang anda gunakan. Cara ini terbukti cukup membuat RAM berjalan dengan normal karena membuat kinerja RAM lebih maksimal. Dan jika anda menghapus aplikasi yang jarang anda gunakan, maka akan membuat memori internal anda akan memiliki space yang cukup. Apabila anda ingin menghapus aplikasi bawaan yang jarang digunakan, anda dapat mengikuti langkah berikut.

  • Buka menu pengaturan > aplikasi > unduhan > cari nama aplikasi bawaan yang ingin anda hapus > kemudian nonaktifkan.

4. Bersihkan Cache Secara Rutin

Sebagai pengguna android, anda tentu tau cache itu harus dibersihkan secara rutin. Hal tersebut dilakukan agar kinerja android tetap optimal, selain itu membersihkan cache secara rutin dapat mengurangi dampak error seperti LAG, suka close secara tiba-tiba. Untuk bisa membersihkan cache secara rutin baiknya anda bersihkan menggunakan aplikasi cleaner. Jika anda ingin membersihkan tanpa menggunakan aplikasi anda bisa ikuti cara berikut

  • Buka menu pengaturan > setelan tambahan > manajemen aplikasi > cari aplikasi yang ingin anda bersihkan cache > kemudian pilih hapus cache.

Itulah beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk mengurangi beban RAM di hp android agar kembali lebih optimal dan lancar. Demikian ulasan singkat ini, semoga ulasan ini bisa bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *