Cara Membersihkan Virus Di Komputer Secara Total

Posted on

Cara Membersihkan Virus Di Komputer Secara Total – Virus menjadi momok yang menakutkan bagi sebagian besar penguna laptop, dikarenakan virus dapat merusak kinerja laprop, dapat meneyebabkan hilangnya data-data penting, dan masih banyak kerugian lainnya, Untuk itulah kita harus mengetahui cara menghilangkan dan menghapus virus dari laptop atau pc agar tidak mengalami kerusakan yang fatal. Salah satu contoh penyebab masuknya virus pada perangkat, ketika anda mendownlaod sebuah film maupun lagu namun di dalamnya telah tertanam virus yang dapat masuk pada perangkat anda, dan bisa juga ketika anda mencolokkan flashdisk miliki teman anda yang tanpa anda ketahui di flashdisk teman anda sudah terinfeksi virus maka laptop atau pc anda pun akan terkena virus yang berasal dari flashdisk teman anda tersebut.

Untuk itu tujuan saya menulis artikel ini untuk memberikan informasi mengenai virus dan cara menanganinya. Disini saya akan menjelaskan cara menghilangkan virus yang sudah menginfeksi di laptop windows 8, di laptop windows 10 dan cara mendeteksi dan menghapus virus di lapop tanpa instal ulang. Cara untuk mendeteksi dan menghapus virus di laptop secara manual pun bisa anda lakukan yaitu dengan cara menghapus virus di laptop dengan smadav atau anti virus lainnya. Ada beberapa jenis virus yang harus anda ketahui seperti Worm, Spyware dan Trojan dan ketiga virus ini lah yang biasanya berada di laptop acer atau laptop lainnya.

Cara Membersihkan Virus Di Komputer

Cara Membersihkan Virus Di Komputer Secara Total

Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan seperti dibawah ini :

1. Menggunakan CMD

Anda bisa mendeteksi dan menghapus virus di laptop dengan cmd, caranya :

* Klik Start dan ketik cmd lalu klik kanan dan klik Run as administrator.

* Ketik dir D: attrib -s -h /s /d, bila partisi yang anda tuju bukan D tinggal anda ganti saja huruf D nya dengan partisi yang anda tuju.

* Lalu cari file dengan format .exe yang menurut anda belum pernah anda install sebelumnya dan hapus.

* Bila tidak bisa dihapus, anda bisa cari melalui Run dan hapus file tersebut.

# Matikan layanan mencurigakan di Task Manager * Buka task manager dengan menekan CTRL + SHIFT + ESCAPE.

* Lalu jalankan MSConfig.

* Masuk ke System Configuration lalu ke opsi service dan hapus kolom centang yang mencurigakan bagi anda.

* Kemudian masuk ke Startup, bila anda menemukan file yang mencurigakan bagi anda maka hapuslah dengan cara seperti nomor 1.

# Cara menghilangkan virus dengan anti virus

Selain menghapus virus di laptop secara manual seperti diatas, anda juga bisa melakukannya dengan bantuan aplikasi anti virus sperti Smadav, Avast, Avg, Avira, Norton dan lainnya.

# Format partisi

Selanjutnya adalah dengan melakukan format pada partisi yang terinfeksi virus. Namun cara ini cukup ekstrim, karena semua file yang ada akan terhapus semua kecuali file bawaan. Saran saya backup dahulu sebelum melakukan cara ini.

# Install ulang

Dan cara ini merupakan langkah terakhir yang biasnya dilakukan para pengguna apabila cara diatas sudah dilakukan namun tetap terinfeksi virus, karena cara ini akan membuat softtware pada laptop anda menjadi seperti baru lagi. Dan untuk cara ini pun alangkah baiknya anda melakukan backup data terlebih dahulu.

Jadi seperti itulah beberapa langkah yang bsia anda praktekan untuk menangani virus yang merusak laptop anda, jadi anda tinggal pilih metode mana yang sesuai dengan tingkat kerusakan dari virus yang menyerang. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *